Thursday, November 13, 2008

Kiat usaha dengan ATM


Tulisan saya ini adalah hasil rangkuman dan perenungan setelah surfing di dunia maya. Terlalu banyak untuk disebutkan sitenya dan kini saya sajikan untuk sharing dengan anda.

Mungkin di antara kita sudah sering membaca atau mendengar kiat - kiat usaha oleh para ahlinya atau membaca kisah sukses para usahawan. Kisah - kisah yang membius diri untuk mengikuti jejaknya. Mungkin juga di antara kita sudah pernah dan sedang menjalani usaha. Nah tidak ada salahnya menyimak hasil lacakan saya berikut ini.

Dunia usaha memang begitu menggiurkan. Betapa tidak kalau sukses orang lain yang bekerja untuk kita dan kita tinggal ongkang - ongkang, berlibur keliling dunia dan menikmati hobi sepuasnya. Kita ambil contoh kesuksesan Kebab Turki Babarafi. Anak muda setelah merintis usaha tahun 2003 kini berpenghasilan 13 milyar setahun yang berarti 1 milyar lebih perbulannya. Woh........... angka yang fantastic bukan. Sedangkan ada seorang pekerja dalam kurun waktu 5 tahun tidak naik pangkat menjadi frustasi.
Meski belum terbukti jitu atau cespleng 100% kiat ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) patut dipertimbangkan.

Amati
Calon pengusaha harus mempunyai pengamatan perilaku masyarakat pangsa pasar yang dituju. Pengamatan ini meliputi produk apa yang lagi trend, disukai dan dibutuhkan masyarakat. Di sini kita jangan terkecoh oleh trend sesaat atau musiman. Salah pilih produk maka usaha kita tidak bisa survive atau terseleksi oleh alam. Produk atau jasa makanan, busana, kesehatan, bahan rumah, kebutuhan rumah tangga adalah produk yang selalui bersama masyarakat.

Tiru
Setelah mengamati tidak ada salahnya kita meniru usaha mereka. Kita tidak harus malu mengikuti kesuksesan mereka. Bukankah banyak usahawan - usahawan baru yang menjual burger, steak, pisang goreng, bakso, buka apotik, membuat kue, butik, membangun rumah kos- kosan dll. Usaha - usaha ini kalo tidak kita tiru pasti banyak orang lain yang akan menirunya. Apakah McDonald meniru Hardees atau sebaliknya, apakah apotik A meniru apotik B terserah orang menilainya. Tidak semua orang bisa mempunyai ide atau produk baru. Di dunia ini yang benar - benar hasil temuan baru bisa dihitung dengan jari. Apa yang ada selama ini adalah trend meniru. Jepang dan Amerika saja meniru Jerman memproduksi mobil bensin.

Modifikasi
Di sinilah kunci pemenangan dalam berusaha. Modifikasi dan inovasi akan memberi nilai tambah pada produk yang bersangkutan. Makanan orang Turki dimodifikasi dengan pas lidah orang Indonesia. Bakso dimodifikasi dengan keju. Pelayanan apotik dimodifikasi dengan layanan telpon dan antar jemput. Kos-kosan dilengkapi dengan ADSL, dsb. Modifikasi dan inovasi ini dilakukan untuk branding dan marketing. Banyak pengusaha sukses yang menggunakan sarana media untuk membentuk branding atau image dan menggunakat marketing sistim waralaba. Jika ingin sukses pilihlah produk yang cenderung mudah difranchisekan.

Dewasa ini ATM adalah simbol kesuksesan meski bukan lagi barang berharga. Harga ATM tergantung seberapa besar tunai di dalamnya. Dengan usaha kiat ATM semoga ATM -ATM kita bertunai dan menjadi orang yang mandiri.


Doha Nov, 2008

No comments: