Thursday, November 13, 2008

Ikan Bakar Masalah

Hari ini resep menu yang kedua adalah Ikan Bakar Masalah ala Sri Lanka. Janaka yang langsung memandu jalannya permsakan kali ini. Ahli kuliner dari India ini memang mak nyus. Makanya salah satu petinggi perusahaan minyak ini merekrutnya. Dam Insya Allah awal tahun depan dia sudah bergabung.

Melihat lihainya koki anak buah Janaka ingatanku kembali ke sepuluh tahun yang lalu. Di daerah pedalaman di tengah hutan dan perkampungan Kalimantan Tengah. saat ini sedang bertugas sebagai tenaga kesehatan pada perusahaan pencari tambang emas. Suati hari seorang geologist dikhabarkan jatuh dan menderita tanda-tanda head injury. Setelah berjam - jam memanggul rangsel naik turun gunung akhirnya menemui sang pasien dengan tertawa-tawa. Dia puas merasa berhasil menipu saya.

Sialan! umpatku dalam hati sambil keringat bercucuran. Rasa kecewa kami sekejap hilang ketika dijamu dengan santap malam menu ikan bakar yang lezat banget. Indah sekali rasanya kalau mengingat kejadian itu kembali. Indahnya rimba Kalimantan, gemercik suara air di sungai membelah bebatuan, orang - orang dusun mendulang emas adalah suatu pemandanga yang masih terus melekat hingga sekarang.

Akhirnya menu masakan Sri Lanka sudah di depan mata. Aku lahap dengan nama Yang Kuasa. Namun karena ikan hasil pancingan ini terlalu besar perutku tak kuat menampungnya. Teringat kawan sebangsa dan se tanah air kupangillah Pak Harmoko. Eit.........! jangan salah Pak Harmoko yang satu ini bukan mantan mentri penerangan orde baru. Dia adalah operator lapangan di perusahaan ini. Sungguh di luar dugaan saya Pak Harmoko ini tdak suka ikan sama sekali. dalam hati juga heran kok ada orang Indonesia yang nggak suka makan ikan. Akhirnya separoh ikan itu kutinggalkan begitu saja ......................

Resep Ikan Bakar Masalah:

Bahan;
Ikan, bumbu dan masalah.

Cara memasaknya:
Dibakar wong namanya ikan bakar toh...........

Setelah dibakar di ......................

Kalo nggak sempat nulis resepnya bisa dilihat di majalah resep terbitan kapan saja.


PS-3 Nov, 2008

No comments: