Sunday, January 4, 2009

Ingin Langsing???

Tanya Jawab dr Sonia Wibisono: Efek Minum Teh Pelangsing?

Oleh soniawibisono - 5 Januari 2009 -

BOLEH tidak aku minum teh pelangsing? Apakah ada efek sampingnya? - n33n4@e-mail

Cara yang paling baik untuk melangsingkan tubuh adalah dengan cara:

1. mengurangi masukan kalori (yaitu dengan makan makanan yang bergizi tetapi rendah kalori, contohnya perbanyak makan sayur, buah dan ikan, hindari terlalu banyak nasi putih, makanan yang manis-manis, makanan berlemak)

2. memperbanyak pemakaian kalori (dengan berolah raga, dan banyak beraktivitas). Dengan cara ini, anda dapat menurunkan berat badan secara perlahan tapi pasti, dan tidak mudah naik kembali.

Ditinjau dari cara kerjanya, teh pelangsing ada yang bekerja dengan cara diuretik (mengeluarkan cairan dari tubuh, dengan cara buang air kecil lebih sering), jadi yang dikeluarkan adalah cairan tubuh (bukan lemak tubuh). Sehingga berat badan yang berkurang adalah dari cairan yang hilang, dan berat badan akan cepat naik kembali. Keadaan ini tidaklah menguntungkan. Apalagi sebenarnya cairan juga diperlukan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Cairan penting untuk transpor, pencernaan, dan penyerapan nutrisi di dalam saluran cerna, untuk pembuangan zat sampah, pengaturan suhu tubuh, mempertahankankesehatan sendi, kulit, kelenjar dan semua organ dalam tubuh.

Teh pelangsing juga ada yang mengandung zat yang bersifat laksatif (membuat buang air besar lebih sering), sehingga bisa menyebabkan kekurangan elektrolit dan mineral lain dalam tubuh.
Apalagi bagi yang masih dalam usia remaja, berarti berada dalam fase perkembangan, sebaiknya jangan sampai kekurangan vitamin, elektrolit dan mineral, yang diperlukan bagi sel-sel tubuh untuk berkembangdengan maksimal. Terutama untuk perkembangan sel otak. Karena tiap remaja ingin bisa jadi sepintar mungkin bukan?
Hati hati untuk sebaiknya tidak menggunakan teh pelangsing yang mengandung zat Ma Huang (salah satu tumbuh-tumbuhan dari Cina), karena dapat menyebabkan jantung berdebar dan merangsang susunan saraf pusat.

Jadi cara yang terbaik untuk melangsingkan tubuh adalah dengan cara alami, yaitu mengurangi asupan kalori, dan beraktivitas yang banyak.

Salam,

No comments: